CURUG CIBADAK 15 DESEMBER 2012

Kali ini hunting curugnya sedikit berbeda, berhubung ampir semua temen yang ikut motoran huntng curug beberapa minggu kemarin banyak yang ga bisa dan kebeneran ada sepupu yang lagi maen ke Bandung, jadi kali ini ceritanya nyulik sepupu yang dateng dari jauuuuuh, dari Bekasi (oke, becanda). Berhubung pergi sama sepupu, jadi bisa pinjem mobil di rumah, kebeneran juga ada dua temen saya yang mau ikut & bisa nyetir juga, terkumpulah kami berlima. Berhubung waktunya aga nyantei, kali ini say adan seorang temen saya yang dari beberapa minggu kemaren ikut motoran hunting curug mau nyoba keberuntungan ke Curug Tujuh Neglasari, yang artinya untuk weekend kali ini kami nginep. Demi Curug Tujuh Neglasari yang sampai sekarang (2015) masih minim info.

upload-15

Sabtu, 15 Desember 2012

Ngaret, seperti biasa, janjian pergi jam 06.00, baru bener-bener keluar dari Bandung jam 08.00, tapi kami beruntung lalu lintas ga terlalu macet, kami lolos dari macet di sepanjang jalur Cibiru-Cileunyi. Lepas pertigaan Cileunyi, jalanan cukup lancar, bahkan sampe Garut, kami ga kena macet. Kami masuk Garut sekitar jam 10.00 dan kami langsung menuju arah Cikajang tanpa berhenti dulu. Lalu lintas mulai kerasa sepi selepas pertigaan pasar Cisurupan, sampai Cikajang. Masuk perkebunan teh Cikajang, sedkiti berawan, tapi langit birunya masih keliatan dan ga ada kabut. Masuk perkebunan teh, lalu lintas sedikit ramai, ternyata banyak juga motor yang lewat dan ada juga yang berenti di satu batu besar untuk foto-foto. Kami ga buang waktu karena masih ragu jalan kaya apa yang bakal kami lewatin, jadi, sebisa mungkin kami ga banyak berhenti.

upload-141

Cuaca cukup mendukung, berawan, masih ada sinar matahari, masih keliatan langit biru, ga ada kabut, meskipun di seberang kami, tepatnya arah Timur langitnya udah aga gelap. Singkat cerita, kami masuk Hutan Gunung Gelap, artinya harus siap-siap untuk cari jalan masuk ke Kecamatan Cihurip. Seingat saya, jalan menuju Kecamatan Cihurip sedkiti nyempil, tepat di tikungan, tetapi ada gapura yang tulisannya “Selamat Datang di Kecamatan Cihurip”. Sebenernya tikungan dan gapura ini bakalan lebih jelas keliatan kalau dari arah Cisompet. Patokan saya yaitu ada warung nasi tepat sebelum tikungannya. Sekitar jam 11.00, kami sampai di warung nasi yang jadi patokan. Sambil bungkus untuk makan siang, sambil nanya tentang Curug Cibadak yang mau kami datengin. Maklum, Curug Cibadak juga masih minim info. Ternyata kata bapak yang punya warnas, arah kami sudah benar, dan emang bener ada Curug Cibadak, malahan bapa itu cerita-cerita lokasi curugnya ada di pinggir jalan banget, ada dua curug di Cihurip yang udah dikenal warga setempat, katanya lagi, kalau ke Curug Cibadak pas banget sambil botram. Air Curug Cibadak jernih meskipun musim hujan kaya sekarang, malah, katanya lagi, lagi bagus-bagusnya, nah cocoklah. DI warnas itu ada juga bapa-bapa yang pake seragam pemda, ternyata pegawai kehutanan, malah sempet nawarin kami untuk nganter ke Sancang (emang sempet nanya kalau ke Sancang masih jauh atau ngga). Jalur yang bapa ini sebutin kayanya jalur potong, soalnya ga nyebut-nyebut Pameungpeuk. Karena bukan tujuan utama kami, akhirnya tawaran bapak itu pun terpaksa kami tolak dan segera pamit untuk nerusin jalan.

upload-131

Kami masuk gapura dan sambil inget-inget arahan jalur bapak di warung nasi tadi, sambil liat-liat kondisi jalan dan pemandangannya. Ternyata jalur ini makin lama makin turun ke arah jurang dan akhirnya saya inget. Sepulang dari Curug Tujuh Neglasari sekitar dua minggu yang lalu, di hutan Gunung Gelap, ga sengaja saya liat di dasar jurangnya ada jalan dan lumayan mulus ke arah bukit di seberang jurang, ternyata jalan itu jalan yang kami lewtin sekarang menuju Desa Cisangkal. Jalan makin turun sampe akhirnya kita ada di dasar jurang. Kami harus lewatin jembatan untuk nyebrang ke bukit di depan. Sungai yang dilewatin jembatan ini alirannya cukup deras tapi jernih banget. Cuaca mulai mendung, udah ga ada matahari ama langit biru, kabut mulai nutupin puncak perbukitan. Lumayan juga beberapa pas tikungan pas jalannya jelek, jadi harus hati-hati juga. Pemandangan mulai kebuka, deretan pegunungan dengan kabut di puncaknya jadi pemandangan utama.

upload-121

Ga lama, kami mulai nemuin beberapa rumah, lahan sawah, beberapa embung, kebun warga, hutan bambu, seengganya sampe tiga puluh menit kemudian, pemandangannya sedikit kebuka. Mulai keliatan lembah-lembah dengan kelompok-kelompok kecil permukiman warga tersebar. Jalanan mulai makin menurun dan makin jelek. Mobil kami beberapa kali papasan sama truk pengangkut bambu, ada juga truk yang searah dengan kami, selebihnya hanya sepeda motor yang lewat sini. Ga berapa lama, view lumayan kebuka di sisi kanan kami, sisi kiri kami masih sama, areal sawah yang dibatasi tebing perbukitan di sepanjang jalan. Pemandangan di sini cukup bagus. Garis pantai dan awan hujan dengan ketinggian cukup rendah dan area sekitar pantai yang cerah cukup untuk jadiin tempat ini spot foto-foto sebentar.

upload-112

Beres foto, kami masih nyusurin jalan yang terus turun sampe akhirnya nyampe di jembatan yang kondisinya kurang baik, tapi ada beberapa alat berat dan beberapa peralatan besi yang lumayan gede untuk dipasang didaerah ini, ah, mungkin beberapa jembatan di sini mau diperbaiki. Selepas jembatan, jalan lumayan datar, tapi tetep batu-batu. Jalanan di daerah sini udah lumayan kering, jadi ga terlalu licin meskipun jalannya batu-batu. Di sepanjang jalan yang udah mulai masuk area permukiman ini lumayan banyak persimpangan, jadi kalau mau ke Curug Cibadak ga ada salahnya nanya warga. Warga di sini udah pada tahu lokasi Curug Cibadak. Pemandangannya dominan permukiman warga dan dikejauhan sedikit keliatan laut yang juga masih cerah, di sisi jalan lainnya, tebing perbukitan masih ngiringin jalan menuju ke Curug Cibadak. Berhubung ini Desember, yang umumnya bulan dengan curah hujan cukup tinggi, jadi, cuaca dari tadi ga konsisten. Kadang cerah, langsung mendung lagi, gerimis sebentar, berhenti trus mendung lagi, gitu aja terus berulang-ulang. Sedikit ragu ini jalan ke Curug Cibadak, soalnya makin lama permukimannya makin sedikit dan tebingnya sedikit menjauh. Di satu titik, perjalanan kami kehambat. Jalan lagi di aspal, jadi kita berhenti dulu sekitar tiga puluh menit dan pas kami berhenti, pas gerimis lagi. Kalo udah gini, saatnya istirahat sejenak, saya sih milih buat istirahatin mata. Yang lain ada yang ngopi di warung, ada juga yang milih tidur nyenyak.

upload-101

Sekitar tiga puluh menit, ujan reda, aspal pun udah bisa dilewatin, kami pun ga buang-buang waktu langsung jalan lagi. Kata warga sih, lokasi Curug Cibadak udah ga jauh, sebentar lagi juga sampe. Cukup kaget juga jalan di daerah sini akhirnya di aspal, dan warga pun ga kalah kagetnya, ada juga mobil dari kota yang lewat ke sini. Setelah ngelewatin titik terakhir pengaspalan jalan, ternyata jalannya sedikit lebih parah. Batuannya banyak yang ilang, jadilah otomatis lumpur yang ada di permukaan jalan. Selain itu, jalannya pun mulai turun lagi. Kali ini di kanan dan di kiri kami pohon bambu yang lumayan rapet, jadi jalannya sedikit gelap. Lumayan bahaya juga kalau jalan di sini pas mulai sore. Ternyata setelah turunan jalan kembali datar, tapi kali ini di sekeliling kami kebun sawit. Jalannya mulai lebih banyak lumpur daripada batuan. Kami sempet berhenti sebentar untuk nunggu truk muat sawit, berhubung jalannya cukup sempit. Setelah diliat-liat lagi, jalan yang harus kami ambil ilang. Ternyata jalan yang harus kami lewatin masuk ke arah pepohonan sawit di depan kami. Jarak antar pohon cukup rapet, jadi jalannya bener-bener gelap, ga keliatan, apalagi jalannya lebih banyak tanah, jadi ga ada bedanya sama tanah di sekeliling areal perkebunan. Setelah truknya beres ngangkut sawit, kami pun jalan lagi. Ternyata jalan yang harus kami lewatin di dalem kebun sawit ini ga terlalu panjang. Keluar dari kebun sawit, jalan yang kami lewatin balik lagi kaya semula, tebing pegunungan di sisi kiri dan areal sawah dan kebun di sisi kanan, jalan pun kembali naik-turun.

upload-91

Di tikungan yang kesekian dengan medan yang menanjak, akhirnya kami nemu apa yang kami cari, Curug Cibadak. Tepat di depan kami (kalau pas di tikungan) dan airnya jerniiiih, lumayan gede, dan tinggi juga ternyata. Nah, akhirnya yang kami cari-cari dari tadi ketemu juga dan bener kata bapa di warung nasi tadi, bener-bener di pinggir jalan!. Untungnya kami naik mobil gini, meskipun jalan kecil dan bener-bener ga ada lahan parkir, ga ada satupun yang lewat, bahkan sepeda motor pun ga ada. Mungkin efek ujan kali ya. Di sekitar Curug Cibadak ini emang bener-bener ga ada rumah, ga ada warung, ga ada juga yang lagi garap sawah atau lagi berkebun, kayanya bener-bener efek ujan, jadi ga ada orang satu pun di sekitar sini. Setelah dapet lahan sempit buat parkir, yang sebenernya aga maksa juga, kami pun langsng cari spot buat nikmatin Curug Cibadak.

upload-82

Nasib kami ga jauh beda dari nasib mobil yang ga dapet tempat parkir, kami pun ga dapet spot yang bagus buat nikmatin ama ambil landscape Curug Cibadak utuh. Curug Cibadak ini bener-bener tinggi, jadi kalau berdiri di depan air terjunnya, aga susah dapet dua tingkatan teratas. Temen saya ternyata masih keukeuh nyari tempat yang enak buat nyimpen mobil, soalnya tempat kami nyimpen mobil aga jauh dan ga keliatan. Kami pun mencar, dua temen saya balik ke mobil, temen saya yang dua lagi jalan-jalan di deket air terjun, saya tetep di jembatan di depan air terjun. Ga lama, dateng dua anak kecil pake sepeda. Dengan cueknya, mereka buka kaos dan terjun ke bagian seberang air terjun yang sekaligus jadi aliran sungai kecil. Saya, sempet iseng nanya pas mereka lagi berenang di air yang aslinya dingin banget ditambah cuaca yang emang dingin. Kata mereka, mereka tinggal ga jauh dari Curug Cibadak dan ujung jalan ini katanya tembus ke pantai tapi jalannya ga bisa dilewatin sama mobil. Desa terakhir yang bisa dilewatin mobil sekaligus rute terakhir ELF yaitu Desa Cisangkal. Sekitar lima belas menit, dua anak ini naik dan pamit pulang. Seger bener liatnya.

upload-72

Akhirnya temen saya mutusin buat mindahin mobilnya, tepat di samping jembatan, masih aga maksa juga sih, cuman seengganya deket sama tempat kita hunting spot foto. Temen saya yang lainnya nemu spot yang cukup lumayan buat ngambil foto Curug Cibadak. Tempatnya ada di seberang Curug Cibadak, tepatnya di areal kebun warga. Untuk sampai ke spot kami, yang kebeneran kebunnya masih belum ditanam, kami harus naik dulu ke gubug kecil trus jalan sedikit ke belakang gubugnya. Sampailah kami di areal yang cukup luas karena belum ditanam dan Curug Cibadak tepat di depan kami. Meskipun tempat udah cukup bagus buat ambil foto, tapi tetep aja masih kurang, soalnya pas di depan kami, kabel listriknya lumayan banyak dan ga ada satupun dari hasil jeretan kami semua yang bisa motong kabel listriknya. Puas foto-foto, sekitar jam 13.30, kami pun isi perut dulu. Berhubung udah mulai mendung lagi, abis makan kami foto-foto lagi sebentar trus mutusin buat ke Curug Tujuh Neglasari berhubung jaraknya lumayan jauh dari sini. Selagi kami makan, bener-bener ga ada yang lewat di jalan utama selain ELF jurusan Cisangkal yang udah ampir kosong dan beberapa sepeda motor. Selesai makan, kami pun beresin sampahnya, foto-foto terakhir, langsung turun ke arah mobil. Pas sampe di pinggir jalan, langsung ujan deres. Untung parkir mobil udah dipindahin jadi lebih deket, jadi ga terlalu basah.

upload-62

Sepanjang jalan ke arah jalan raya Cikajang-Pameungpeuk ujan ga berenti, bikin jalannya jadi lumayan lebih licin, apalagi bagian deket jembatan di dasar jurang. Bagian jalan yang tadi lagi di aspal udah ga ada orang sama sekali, beberapa warung yang pas kami dateng rame sama warga dan anak-anak yang bubar sekolah mulai aga sepi. Sebenernya masih ada satu air terjun lagi, Curug Nyogong yang masih harus masik lagi ke jalan kecl ke desa sebelah, tapi berhubung udah sore, ujan lumayan lama dan deres, belum tau juga jalannya arahnya kemana, ga tau kondisi jalur trekkingnya dan lain sebagainya, akhirnya kami pending buat ke curug ini dan kalau besok masih sempet, mungkin balik lagi. Begitu sampe di jembatan yang banyak alat-alat beratnya, ternyata besi-besi gedenya lagi ditarik buat dipindahin. Sepanjang jalan lumayan sepi, ga papasan sama kendaraan apapun. Sampe di jembatan deket pertigaan Cihurip-Cisomet-Cikajang, kami berento sebentar. Biarpun abis ujan lumayan deres dan lama, air sungainya tetep jernih. Kami foto-foto sebentar soalnya ga lama mulai gerimis lagi. Akhirnya kami sampe di pertigaan tempat tadi siang kami beli makanan buat makan. Kami nerusin jalan ke arah Cisompet. Begitu keluar dari pertigaan, langsung ujan deres.

upload-52

Kami sampe di bekas warung deket perbatasan hutan sama kebun teh Neglasari, di sini kami berenti dulu di tempat yang emang bisa liat Curug Tujuh Neglasari dengan jelas dari pinggir jalan. Berhubung temen saya mau hunting ke sungai yang ada di pinggir jalan, jadi kami berenti lumayan lama di sini. Lumayan sambil iseng-iseng ambil foto Curug Tujuh Neglasari sambil liat-liat curug yang rencananya bakal kita datengin besok. Kami berenti di pinggir jalan ini lumayan lama sekitar tiga puluh sampe ampir satu jam, akhirnya kami jalan lagi non stop sampe ke Pameungpeuk. Rencananya kami nginep di areal Pantai Santolo. Berhubung ada satu temen saya yang baru minggu lalu ke Pantai Santolo dan dapet penginepan yang aga lebih murah dari yang laen, kayanya malem ini kami nginep di sana aja deh. Ga jauh dari tempat kami berenti, kami sampe di tempat tambal ban yang sekaligus juga perbatasan Kecamatan Cikajang sama Kecamatan Cisompet. Kami jalan nonstop sampe ke Pameungpeuk. Di tengah jalan kami sempet kena ujan deres lagi, tapi begitu udah ampir sampe ke daerah pesisir, ternyata ujannya udah lama berenti, jadi cuman kebagian jalan basahnya aja.

upload-15

Sampe di area Pantai Santolo, kami ke penginepan yang minggu lalu dipake temen saya. Setelah deal harga, nurunin barang, dan istirahat sebentar, kami pun ke Pantai Santolo, ceritanya mau sunset. Sampe Pantai Santolo, ternyata mendung parah, jadi cuman kebagian sunsetnya bener-bener secuil. Biarpun mendung dan ga dapet sunset, tapi ga tau kenapa kami betah-betah aja ni diem di pinggir pantai. Sampe bener-bener gelap, kami baru balik ke penginepan, untungnya penginepannya deket sama jalan ke pantai. Sampe penginepan, kami mandi trus cus buat beli makan malem. Lumayan bingung juga makan di mana, soalnya daerahnya masih sepi, ga kaya Pangandaran yang buat jalan kaki aja susah saking ramenya. Kami juga sekalian cari ATM, akhirnya kami nyusur ke arah Barat. Lumayan jauh juga, sampe akhirnya kami berenti di mini market waralaba. Saya sama dua orang temen saya tunggu di mobil, sepupu saya ke dalem buat ke ATM, temen saya yang satu cuman jalan-jalan aja di luar mobil. Di tempat parkirnya lumayan rame, ada beberapa yang jualan makanan, yang nungguin kendaraannya di halaman, beberapa orang yang emang cuman lewat, sama satu yang harusnya ga ada di sana.

upload-42

Lagatnya sih ni orang kaya orang stres, tiap yang parkir motor di sana, dia datengin trus dicuekin abis-abisan ama tiap yang dia ajak ngobrol. Baru aga lama ketauan kalo ni orang aga mabok, dasar sampah! Temen saya yang lagi di luar toko pun didatengin, dan entah ni sampah satu ngomong apaan, untungnya temen saya ini cuek dan nanggepin ogah-ogahan sampe akhirnya si sampah busuk ini pergi sendiri. Temen saya pun masuk mobil. Ni sampah satu nyamperin pengunjung lainnya di tempat parkir. Kata temen saya, tu sampah emang mabok, dia nanya ada cewe ga di dalem mobil, katanya mau soalnya dingin. Dasar sampah, mudah-mudahan sekarang udah mampus ya, nyampah aja idupnya, ga guna. Temen saya cuman jawab, ada. Si sampah nanya-nanya kami nginep di mana, dan dijawab seenaknya aja ama temen saya. Untungnya sepupu saya juga beres ambil uang, jadi temen saya pun masuk mobil dan kita pun cabut dari sana. Akhirnya kami bungkus makanan seadanya lumayan deket dari area Pantai Santolo, balik ke penginepan, makan, terus tidur sekitar jam 21.30.

upload-32

upload-22

About Dya Iganov

Penyuka traveling, tidak hanya mendaki gunung, tapi juga touring, rafting, explore, city tour, kemping ceria, susur pantai, dll