PENDAKIAN CIKURAY, DENGKUL KETEMU DAHI

Cikuray, saya kenal nama gunung ini dari salah satu komen di foto temen saya yang waktu itu mendaki Gunung Papandayan. Dari foto itu, sekali liat saya langsung kagum sama bentuk gunung yang satu itu. Tinggi, biru, kerucut, dan begitu tau bisa didaki, dan bisa liat laut dari puncaknya, wuaaah ga lama-lama saya langsung cari info pendakian kesini. Lumayan lama juga, hampir satu taun, ahirnya kesempatan buat naek ke gunung ini datang juga. Untungnya temen saya awal Maret ini mau naek kesana. Menurut info yang saya dapet dari temen-temen yang udah pernah kesana, trek Cikuray ini berat. Pendakian non-stop makan waktu enam jam dengan trek yang full nanjak, ga ada datarnya dan nanjaknya pun edan, lutut pun harus ketemu sama dada dan malahan mungkin aga sedikit manjat, ga ada air, dan yang pasti, dingiiiiin. Soalnya ini gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Gede di Cianjur-Bogor sana.

Perjuangan untuk bisa naek ke Cikuray ini lumayan berat. Setelah berkutat sama yang namanya TA, sempet sakit flu ditambah batuk dirambah aga sedikit demam waktu hari Minggu, sempet drop juga. Masa iyah, “Tragedi Papandayan” harus keulang lagi?? Akhirnya dengan istirahat total, makan obat, minum vitamin, dan ngerem di rumah, Selasa saya udah lumayan sembuh. Untungnya selama bulan bulan ke belakang saya rutin latihan, jadi fisik lumayan ningkat. Hari Rabu saya lari sore sama temen saya, dan sialnya pas nyampe sana, ujan. Hajar aja deeh, gerimis kecil-kecil kaya salju sih, lagian banyak juga yang lari, lumayan dapet emat keliling lari, satu keliling jalan soalnya ujannya makin guede plus dipake latihan sama tentara. Begitu selesai lari, rasanya kaya mau pingsan! Lemees, dingin, mata ga fokus, wuaaah ngeriii. Kamisnya saya latihan lagi, dan lari selama 40 menit non-stop! Huraaay! Jumat istirahat total dari yang namanya naikin fisik.

Sabtu, 5 Maret 2011

Jam 01.00, saya udah meluncur, seperti biasa, nongkrong kembali di Cileunyi jam 02.30 Ahirnya dapet bis juga, dan sialnya kena macet di Nagrek. Untungnya jam 04.00 kita udah nyampe, dan ternyata rombongan dari Jakarta masih di Nagrek, kita pun nunggu di masjid deket terminal sambil nunggu subuh. Jam 05.30, ahirnya rombongan dateng juga. Ini pertama kalinya saya pergi sama rombongan ini, hanya sedikit yang saya kenal. Tapi justru dari sini saya dapet temen baru lagi. Total perempuan yang ikut ahirnya lima dari sekian banyak yang sebelumnya daftar. Sarapan, beli makan siang, cari kendaraan, udah semua. Ahirnya jam 08.00 kita pergi menuju Perkebunan teh Dayeuhmanggung di Kec. Cilawu untuk lanjut naek ojek offroad. Kalo dipikir-pikir tiap nge-trip pasti harus ngicipin yang namanya offroad! Apa banting stir ajah kali ya dari bela diri ke offroad??

Sambil nunggu ojek untuk penumpang sebanyak tiga belas orang, kita re-packing lagi. Ahirnya saya pun ngicip naek ojek nyusur jalan batu khas perkebunan teh. Untungnya mang ojek yang bawa saya masih lumayan muda, cerewet, yaa enak diajal ngobrol, jadi naek ojeknya ga rusuh kaya temen-temen saya yang laen, malahan ada yang sampe jatoh segala. Ternyata jalannya bener-bener ampuuun deeeh. Sebenernya tanjakannya sih ga separah ke Cidaun, cuman karna perkerasan jalan batu dan sebagian malah tanah merah ditambah air jadilah lumpur, jadi kudu ekstra hati-hati juga kalo dengkul ga mau salaman sama batu. Ternyata di satu titik, mang ojek yang bawa saya harus diganti sama uang lebih ‘senior’ soalnya jam terbangnya belom cukup Ckckckc ada-ada aja, tapi emang bener, jalannya nanjak plus batu-batunya udah mulai ga bersahabat. Kalo diitung-itung, total perjalanan dari Cilawu-Pemancar bisa sekitar tiga puluh menit, dan lebih “wow” nya lagi ada sekelompok anak SMP entah dari mana, cwe-cwo jalan di trek itu, ya ampuuun berapa lama itu? Kalo kita sih dengan pertimbangan trek berat di depan sana, mendingan sewa ojek deh.Naek ojek ajah udah cukup bikin cape dan pegel kaki.

Akhirnya kita nyampe dipemancar dan mulai start jam 10.00 pagi. Begitu jalan udah disuguhin jalan nanjak non-stop untuk keluar dari kebun teh ke tegalan kebun-kebun warga dan jalannya sama sekali ga ada perubahan, nanjaaak teruuuus. Huadduuuhh akhirnya setelah keluar dari kebun teh kita istirahat sebentar buat atur nafas. Wuaaah ini pertama kalinya saya naek gunung yang bener-bener hiking, aga-aga takut juga sih ga kuat, tapi dengan motivasi bayangan pengalaman yang bakal didapet ada di puncak gunung tertinggi ke-4 di Jabar kayanya bisa ngapusin mental yang sedikit drop. Apalagi untungnya orang-orang yang ikut disini nyantei semua, langsung kompak padahal sebagian besar belum pernah kenal. Malahan ada satu orang temen yang bener-bener ga kuat nanjak dan udah ga tau mau ngapain, tasnya yang berat itu dibawa sama temen lainnya. Sekitar jam 11.00, udah mulai masuk hutan dan cuaca tiba-tiba berubah jadi mendung, waduh, bahayalah kalau sampe hujan disini, trek yang harus kita lewatin masih jauuuuh. Dan sialnya bener aja, gerimis. Akhirnya kita berenti dulu nunggu gerimis reda, siapa tau cuman kabut. Dan ternyata untungnya cuman kabut. Jadi ga buang-buang waktu, kita langsung cabut lagi. Ternyata ga beberapa lama jalan, mulai gerimis lagi, ahirnya perlatan ujan pun dikeluarin. Lanjut jalan.

Sekitar jam 12.00, udah mulai kerasa jalan nanjaknya, trek yang didominasi ama akar-akar pohon untuk bantuan pijakan, plus nanjak tiada akhir bikin kita istirahat lagi. Saya dan beberapa temen saya mutusin buat jalan duluan, dan ga berapa lama malahan ujan gede. Ahirnya bangun tenda darurat dari ponco, dan tas pun jadi korban. Tenda dibangun dari tali rafia seadanya yang kita temuin di batang-batang pohon yang biasa dipake buat penanda jalur yang bener, soalnya kita ga ada yang bawa tali. Wuiiihh bener-bener ngandelin yang ada di hutan deh. Akhirnya setelah lumayana ga basah kuyup, tenda darurat pun jadi ditambah temen-temen lain yang mulai dateng gabung. Ahirnya begitu ujan aga reda, kita mutusin buat makan siang sambil ngeringin baju. Beres makan siang, ternyata mulai ujan lagi tapi ga sederes tadi, akhirnya dengan pertimbangan waktu kita lanjut terus jalan di tengah ujan. Sepanjang jalan menuju puncak bener-bener trek yang sadis. Bener-bener harus ngangkat lutut setinggi dada, malah kadang harus manjat juga buat lewatin batang-batang pohon yang tumbang, harus manjat juga soalnya pijakannya setinggi leher. Bener-bener deh ini ga bohong nanjak dengkul ketemu dada, plus jalan pas ujan plus tas, baju, celana basah, bener-bener beraaat. Akhirnya kita ketemu beberapa pendaki lain dan kata mereka sih, kita udah mau nyampe di puncak banyangan. Akhirnya karena pertimbangan udah jam lima kurang, jarak ama temen-temen lain juga lumayan jauh, plus fisik yang udah drop banget, kita mutusin buat camp di puncak bayangan aja. Kloter pertama yang sampe di puncak banyangan itu empat orang termasuk saya, begitu nyampe udah ampir jam setengah enam, ujan dah mulai berenti, yang artinya suhu udara udah turun lagi, bener-bener dingiiiiiin plus kita basah kuyup. Tiga orang diriin dua tenda dengan tangan mati rasa plus menggigil bukan hal yang menyenangkan. Temen-temen saya yang laen pun dateng, tapi belum semua, ternyata masih ada kloter belakang. Setelah semua kumplit, langsung ga basa-basi pada masuk tenda ngangetin badan, lagian diluar juga angin udah mulai gede banget, jadi inget waktu di Burangrang. Akhirnya setelah rempong beres-beres tenda dan ganti baju, jam 06.00 udah mulai gelap, angin makin guede, gerimis lagi, ya sudahlah kita tidur saja. Apalagi, saya bener-bener cape banget dan ngantuk gara-gara sehari sebelumnya, Kamis, abis muter-muter cari sepatu, ban bocor, macet, packing, pokonya rempong deh. Yang lain sih sempet makan malem dulu, tapi saya sih, bablas tidur ajah.

Minggu, 6 Maret 2011

Jam 00.00 angin ama ujan udah berenti, dan ternyata liat keluar, langit lumayan cerah, banyak bintang, tapi berhubung udah pada mager semua, sampe-sampe makanan pun delivery lewat jendela tenda. Jam 02.00, kita semua balik ke tenda, lanjutin tidur, soalnya rencana mau summit, jam 05.00 mulai jalan. Tapi ternyata jam  06.00 pun belum pada bangun, soalnya masih dingin. Saya ikut kloter pertama lagi buat summit, bareng lima temen lainnya. Ga tau kenapa jalan pagi itu bener-bener bikin cape bangeeet, apa gara-gara udah tidur pules, dan udara masih dingin, makanya susah nafas?? Ternyata jalan ke puncak itu lumayan jauh, kirain tuh bakal udah deket. Ternyataaaaa…… Akhirnya setelah entah berapa lama (tetep) nanjaaak teruuus, nyampe juga di puncak Cikuray dan bener-bener viewnya juaraaaaa. Sekeliling ga ada yang ngalangin, mulai dari ujung Barat, Gunung Gede, Pangrango, Tangkuban Parahu, Burangrang, Manglayang, Malabar, Papandayan, Kawah Kamojang, Kota Garut, hutan di lereng Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Kota Bandung, Gunung Tampomas, Gunung Ciremai, bahkan Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro pun keliatan, yaaa biar Sumbing Sindoro hanya siluet, dan kalo liat ke Selatan, keliatanlah pantai selatan Jabar karena gunung ini emang letaknya aga ke selatan. Garis pantainya keliatan jelas dan panjaaaaang. Baguuus bangeeet. Puas foto-foto, kita ahirnya turun ke camp. Sekitar jam 11.00 kita packing dan mulai turun ke pemancar. Jalan pulang yang tinggal turun pun ga kalah susahnya, salah dikit, bisa jatoh, kekilir, malah ada juga jalan yang melipir jurang. Malah kita sempet salah jalan, untung langsung nyadar, dengan trek yang mencurigakan, ga keliatan tanahnya ketutup rumput. Akhirnya kita istirahat aga lama di tempat makan siang kemarin. Ya ampuuuun jari kaki udah bener-bener sakit, lutut udah gemeteran. Ahirnya jam 14.00 udah mulai keluar hutan, tapi sialnya saya cuman berdua sama temen saya, aga ngeri juga sih takut salah jalan dan ga enak aja jalan sendiri di tengah hutan. Akhirnyaaa bener-bener keluar dari hutan dan sempet istirahat dan foto di kebun sebelum akhirnya turun lewat jalur kebun teh. Jam 14.30 kita sampe juga di pemancar tapi ternyata yang di belakang lumayan jauh juga ketinggalannya. Saya naik ojek kloter pertama, dan ngelewatin lagi jalur offroad yang kemarin. Untungnya saya dapet tukang ojek yang baek dan enak diajak ngobrol. Dari bapa ini saya jadi banyak tau tentang Perkebunan teh Dayeuhmanggung, Gunung Satria (gunung yang belom bisa didaki yang kita liat pas didepan Cikuray), jalan tembus ke Gunung Galunggung, cerita waktu Gunung Galunggung meletus dll. Kita start pulang jam 17.00, sebenernya rombongan Jakarta sih mau mampir ke Cipanas dulu, tapi saya sama dua orang temen saya mutusin buat langsung pulang berhubung besok masih harus bertempur sama kuliah dan TA.

Ternyata perjuangan belum selesai, kita harus lumayan lama nunggu bis, dan ahirnya naek bis ekonomi yang umpel-umpelan, untungnya dapet duduk juga meskipun nyempil, bikin lutut makin gemeteran, panas,pengap, badan lengket belom mandi (hiiii) bener-bener kuceeel. Jam 20.30 saya udah sampai di bunderan Cibiru, pulang dan sampe rumah dengan selamat. Bener-bener puaaas rasanya bisa lewatin trek yang sebegitu beratnya dengan temen-temen yang oke banget, baru kenal semua langsung kompak abis. Terimakasih bisa dikasih kesempatan untuk nambah pengalaman ke Cikuray.

FOTO: Dokumentasi Tony Irawan (Alm), Muhammad Jaka Nurrakhmat, Noor Aufa Sidiq, Cornellius Gunawan, Anoo Sanjaya, Dina Yuliana

About Dya Iganov

Penyuka traveling, tidak hanya mendaki gunung, tapi juga touring, rafting, explore, city tour, kemping ceria, susur pantai, dll