TALAGA BODAS

upload-114

Danau Talaga Bodas secara administratif berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan berada pada koordinat 7 12′ 34″, S 108 3′ 41″ E. Lokasi Talaga Bodas berada kurang lebih 8 Km dari pusat Kecamatan Wanaraja, 20 Km dari Kota Garut, dan 83 Km dari Kota Bandung. Talaga Bodas merupakan salah satu daya tarik wisata yang berada di area yang diperuntukan sebagai Taman Wisata Alam (SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978) di bawah pengelolaan BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan di bawah Kehutanan. Taman Wisata Alam Talaga Bodas memiliki luas sekitar 23,85 Ha. Lokasi Taman Wisata Alam Talaga Bodas ini sekaligus pembatas geografis antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut.

upload-26

Danau Talaga Bodas merupakan danau vulkanik hasil dari letusan tahap ke-6 Gunung Talagabodas. Pada periode sebelumnya (periode letusan pertama hingga kelima) telah menghasilkan Kaldera Talagabodas Tua dengan diameter 4,5 Km, pembentukan Kawah Saat di tengan Kaldera Talagabodas Tua, pembentukan kerucut dari letusan samping di sekitar dinding Kaldera Talagabodas Tua (Gunung Canar, Piit, Lebakjero, Masigit), pembentukan kerucut dari letusan samping di luar dinding kaldera Talagabodas Tua (Gunung Beuticanar, Malang, Ciparay). Danau Talaga Bodas pada awal terbentuknya merupakan kawah yang berdiameter kurang lebih 2 Km yang lama kelamaan terisi air. Air yang mengisi kawah Gunung Talagabodas ini kemudian melarutkan dan menutupi berbagai material hasil letusan sehingga menghasilkan warna air yang putih seperti susu. Hal inilah yang menjadi asal mula penamaan Talaga Bodas. Luas Danau Talagabodas dari tahun ke tahun selalu mengalami penyusutan, Pengukuran pertama, yaitu 1942, luas Talaga Bodas kurang lebih sekitar 455.000 m2 dan pada pengukuran terakhir 1992, luasnya berkurang menjadi sekitar 150.000 m2. Bahkan, pada Februari 2013, muncul pulau-pulau yang memanjang lebih dari 50 m di tengah danau. Pendangkalan paling cepat terjadi di Tenggara danau. Kedalaman danau dari hasil pengukuran pertama yaitu sekitar 10 m, dan terus terjadi pendangkalan hingga pengukuran terakhir pada 1992 kedalamannya hanya sekitar 2 m. Posisi danau Talaga Bodas berada pada ketinggian 1. 720 m atas muka laut dan ketinggian Gunung Talagabodas saat ini sekitar 2.201 m atas muka laut.

upload-34

Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang. Flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang. Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik. Adapun Batas administrasi dari kawasan TWA Talaga Bodas adalah sebagai berikut:

Utara     : Desa Sukaurip

Barat     : Desa Sindangmekar

Selatan  : Desa Tenjonagara

Timur     : Desa Tenjonagara

upload-44

Keindahan danau Talaga Bodas sebenarnya sudah diketahui sejak lama, sayangnya perbaikan akses menuju area Taman Wisata Alam Talaga Bodas baru mendapat perhatian sekitar awal 2013. Pada akhir 2013, perbaikan akses menuju Taman Wisata Alam Talaga Bodas telah rampung diselesaikan. Akses yang diperbaiki dan sekaligus menjadi akses utama hingga kini yaitu dari Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang sebelumnya merupakan akses masuk terparah. Sebelum perbaikan akses menuju TWA Talagabodas, objek wisata danau Talaga Bodas merupakan wisata minat khusus. Hal ini tentu saja karena sulitnya akses menuju TWA Talaga Bodas yang akan berbanding lurus dengan ketersediaan moda transportasi dan fasilitas pendukung di sekitar area Danau Talaga Bodas. Sebelum pembukaan akses dari Kecamatan Wanaraja diperbaiki, banyak pengunjung yang masuk dari perbatasan Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut dengan Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya melalui Karah Bodas (area geothermal milik PT. Pertamina) yang sebetulnya memerlukan waktu tempuh jauh lebih lama (sekitar 2-3 jam) dengan jalan makadam dan medan yang berbukit. Dampak dari perbaikan aksesibilitas menuju TWA Talaga Bodas yang telah rampung diselesaikan terlihat dari meningkatnya jumah pengunjung sejak dari akhir 2013 dan makin meningkat di awal 2014. Beberapa fasilitas pun dibenahi, seperti area parkir yang lebih dikelola, warung-warung kecil yang mulai banyak berjejer, pembuatan pagar pembatas area danau dengan daratan, perbaikan dan pembuatan pipa-pipa dari sumber mata air di area sekitar danau, hingga pembenahan pemandian air panas yang cukup terkenal di Talaga Bodas.

upload-53

Terdapat beberapa akses menuju TWA Talaga Bodas, diantaranya dari arah Bandung, Garut, dan Tasikmalaya (sebagai patokan kota besar terdekat). Secara keseluruhan, kondisi jalan serta waktu tempuhnya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu lama. Berikut uraiannya.

upload-63

KOTA GARUT – TALAGA BODAS

Dari Kota Garut, ambil jalan menuju Karangpawitan hingga tiba di persimpangan dengan Jalan Raya Wanaraja, kemudian ambil kanan pada koordinat -7.187447, 107.974125. Lalu lintas di ruas jalan ini sudah tidak terlalu ramai dan dominan datar dan lurus. Ikuti jalan hingga ke persimpangan Sadang pada koordinat -7.188299, 107.977344 kemudian ambil arah kiri. Ikuti jalan hingga tiba di Jalan Raya Talagabodas pada koordinat -7.177101, 107.987826 kemudian ambil arah kanan. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan jalan pada koordinat -7.197207, 108.035554 ambil jalan yang menyerong ke kiri. Dari persimpangan ini jalan sudah mulai berkelok-kelok dan sedikit menyempit. Ikuti jalan utama hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.203004, 108.065526 yang juga merupakan perbatasan Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya. Ambil arah kanan pada koordinat ini hingga tiba di pintu gerbang objek wisata Danau Talaga Bodas. Sebelum diperbaiki, jalur ini merupakan jalur terparah. Titik kerusakan jalan dimulai dari Polsek Wanaraja hingga pintu gerbang objek wisata Danau Talaga Bodas. Total jarak pada pembacaan peta dari Kota Garut hingga Danau Talaga Bodas adalah 25 Km dengan waktu tempuh tercepat pada pembacaan peta adalah 49 menit dan waktu tempuh terlama adalah 53 menit.

garut-talaga-bodas

TASIKMALAYA – TALAGABODAS

Ambil rute menuju pertigaan Jalan Raya Cisayong dengan Jalan Raya Rajapolah pada koordinat -7.266709, 108.186457. Pada persimpangan ini dari arah Kota Tasikmalaya, ambil ke arah kiri menuju Jalan Raya Cisayong. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.256993, 108.143214 kemudian ambil arah kanan. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan berikutnya pada koordinat -7.234828, 108.125973 ambil arah kanan. Kondisi jalan setelah masuk ke Jalan Raya Cisayong dominan lurus dan lalu lintasnya sepi. Pada persimpangan terakhir (-7.234828, 108.125973) medan akan mulai menanjak dan lalu lintasnya semakin sepi, serta jalan sedikit menyempit. Ikuti terus jalan dengan kondisi yang tidak terlalu baik hingga tiba di persimpangan -7.203003, 108.065518 ambil ke arah kiri. Ikuti jalan utama hingga tiba di gerbang objek wisata Danau Talaga Bodas. Total jarak pada pembacaan peta dari Kota Tasikmalaya hingga Danau Talaga Bodas adalah 29, 7 Km dengan waktu tempuh tercepat pada pembacaan peta adalah 50 menit dan waktu tempuh terlama adalah 55 menit.

tasikmalaya-talaga-bodas

SUMEDANG – TALAGA BODAS

Rute ini merupakan rute yang bisa digunakan bila datang dari arah Utara. Titik awal jika melalui jalur ini dapat dimulai dari Kota Sumedang. Jalur dengan kondisi yang relatif baik dari Kota Sumedang adalah yang melalui Darmaraja – Wado – Malangbong. Dari Kota Sumedang, ambil jalur menuju Wado. Kondisi jalan menuju Wado sudah cukup baik dan arus lalu lintas akan cukup ramai dari pagi hingga sore hari. Medan jalan akan mulai berkelok-kelok ketika keluar dari Kecamatan Situraja hingga Malangbong. Ada beberapa titik dengan kondisi jalan yang kurang baik. Aspal yang sedikit mengelupas, terutama ketika memasuki Kecamatan Darmaraja. Kendaraan yang dominan melintas di sini adalah bus 4/3, angkutan kota, sepeda motor, serta truk pengangkut pasir pada pagi hingga sore hari. Jalur ini juga merupakan jalur alternatif ketika mudik. Ikuti jalan utama hingga memasuki Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut hingga di persimpangan Cibeureum – Malangbong pada koordinat -7.060695, 108.086902. Pada persimpangan ini ambil ke arah Tasikmalaya melalui Jalan Nasional III hingga lewat alun-alun Ciawi. Setelah alun-alun Ciawi, pada persimpangan di koordinat -7.164464, 108.153037, ambil kanan. Ikuti jalan utama hingga tiba di persimpangan di daerah Jamanis pada koordinat -7.174973, 108.153798 kemudian ambil arah kanan dan pada persimpangan berikutnya pada koordinat -7.178031, 108.152634 ambil kanan lagi. Ikuti jalan utama hingga tiba di persimpangan Sukahening pada koordinat -7.201025, 108.129268 dan ambil arah kiri. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan dengan Jalan Raya Cisayong pada koordinat -7.234829, 108.125971 dan ambil arah kiri. Persimpangan ini juga merupakan persimpangan dengan jalur yang dari arah Kota Tasikmalaya. Secara keseluruhan, kondisi jalan di jalur ini cukup baik dan cukup ramai meskipun bukan jalan provinsi. Total jarak pada pembacaan peta dari Kota Tasikmalaya hingga Danau Talaga Bodas adalah 86,9 Km dengan waktu tempuh tercepat pada pembacaan peta adalah 2 jam 21 menit dan waktu tempuh terlama adalah 2 jam 26 menit.

sumedang-talaga-bodas

upload-152

upload-162

About Dya Iganov

Penyuka traveling, tidak hanya mendaki gunung, tapi juga touring, rafting, explore, city tour, kemping ceria, susur pantai, dll